Translate

Jumat, 18 September 2015

Tranfer File dari Android ke PC menggunakan ES File Explorer

  • Unduh dan pasang aplikasi ES File Explorer pada perangkat Android
  • Pilih menu Pengaturan, lalu pada bagian Jaringan, pilih Lainnya ..., lalu pilih Penambatan & Hotspot Portabel (lebih baik matikan sambungan data terlebih dahulu), selanjutnya centang Hotspot Wi-Fi portabel (password untuk Hotspot Wi-Fi perlu ada).



  • Hubungkan Laptop atau PC dengan Android secara wireless.
  • Pada Android, jalankan ES File Explorer, pilih pada bagian Jaringan menu Pengelola Remote. tekan tombol Hidupkan, terlihat alamat ftp dan port-nya perangkat Android sebagai contoh:
ftp://192.168.43.1:3721

Pada waktu ini Android menjadi server ftp yang dapat diakses oleh siapa saja yang terhubung secara wireless, untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut




  • Kembali ke laptop, jalankan aplikasi ftp client seperti gftp, Filezilla dsb dan masukkan alamat host ftp-nya di atas, tanpa perlu username dan password.



  • Maka transfer file dari dan ke perangkat android dapat dilakukan. Contoh di atas menggunakan aplikasi gFTP pada sistem Linux Fatdog64.
  • Untuk Sistem Windouus, sebagai contoh dipakai Windouus 8.1, tranfer file dapat dilakukan melalui serangkaian langkah seperti berikut:
  1. Klik ikon File Explorer, lalu klik kanan pada bagian Network, pilih Map Network drive...
  2. Pada jendela Map Network Drive pilih tautan warna biru yang bertuliskan Connect to a Web site that you can use to strore tour document and picture
  3. Muncul Jendela Add Network Location yang berisi Wizard untuk Add Network Location, klik pada tombol Next.
  4. Lalu pada bagian Where do you want to create this network location, pilih Choose a custom network location, lalu Next.
  5. Pada bagian Specify the location of your website, isi kotak Internet or network address dengan alamat ftp yang diberikan oleh perangkat android, lalu Next.
  6. Selanjutnya tekan Next dan Finish untuk memunculkan isi perangkat android pada File Explorer.
  7. Tinggal Copy dan Paste dari dan ke android sesuai keinginan, lebih jelasnya lihat gambar berikut,






Tidak ada komentar:

Posting Komentar