Translate

Rabu, 19 Oktober 2016

Install Puppy dan DSL Linux secara frugal

Bootloader yang digunakan masih sama seperti bahasan sebelumnya yaitu extlinux, namun bisa saja menggunakan syslinux dengan hasil yang sama.

Bahan-bahan yang dibutuhkan hampir sama seperti pembahasan sebelumnya. Namun file iso dari kedua jenis Linux tersebut harus dikupas dulu.

Jadi istilah 'frugal' mengacu pada proses instalasi sistem yang dilakukan cukup dengan menyalin isi file iso ke boot drive media target.

Pada bahasan ini digunakan dua file iso yaitu dari puppy linux, dan dari damn small linux. File iso puppy yang digunakan adalah: puppy-4.2.1retro-k2.6.21.7-seamonkey.iso, dan file zip damn small linux adalah dsl-4.4.9-embedded.zip.

Patut untuk dicatat bahwa tidak semua file iso dari sebuah distro dapat dilakukan instalasi dengan gaya frugal ini. Perlu untuk mencari informasi terlebih dahulu mengenai file installer yang dapat digunakan secara frugal.

Proses

  • Buat folder di boot drive (partisi media yang sudah diinstal extlinux dan ada file ldlinux.sys -nya) dengan nama puppy dan dsl
  • Buka file iso dari puppy dan file zip dari dsl
  • Salin semua file dan pindahkan ke folder yang telah dibuat
  • Tambahkan pada isi extlinux.conf beberapa baris berikut ini
  • label puppy
     MENU LABEL ^puppy
     kernel /puppy/vmlinuz
     append initrd=/puppy/initrd.gz pmedia=usbflash
    
    
    LABEL dsl
     MENU LABEL ^dsl-4.4.9 embedded
     KERNEL /dsl/linux24
     APPEND ramdisk_size=100000 init=/etc/init lang=us apm=power-off vga=normal initrd=/dsl/minirt24.gz nomce noapic qemu quiet BOOT_IMAGE=knoppix knoppix_dir=/dsl/KNOPPIX frugal
    
    
  • Boot ulang untuk melihat hasilnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar