Translate

Selasa, 13 Juni 2017

Upgrade kartu Tri 3G ke 4G LTE

Karena implementasi 4G pada operator selular di Indonesia sudah dari beberapa tahun yang lalu, maka sudah cukup banyak panduan dan tutorial baik di blog, web maupun di Youtube yang membahas mengenai upgrade kartu Tri ini. Silakan brosing sendiri di internet bagi yang belum tahu. Dan di sini akan dijelaskan langkah-langkah yang saya lakukan, yaitu:
  • Beli kartu Tri 4G LTE kosongan, yang belum aktif dan belum di registrasi dan yang pasti tidak ada pulsa dan kuota di dalamnya.
  • Biasanya konter-konter perdana yang besar yang menjual kartu Tri jenis ini dengan harga di daerah saya sekitar 8-ribuan (kayaknya ambil untung 5-ribuan, gak papa lah).
  • Yang bikin kaget dan heran adalah kebanyakan konter pulsa di daerah saya tidak melayani upgrade kartu Tri ini.
  • Juga saya tak bersedia untuk diaktifkan kartu Tri kosongan tersebut oleh penjaga konter (dengan resiko kartu tidak dapat dikembalikan ke konter bila gagal diaktifkan sendiri oleh saya). Jadi masih tersegel rapi.
  • Kartu Tri yang baru dibeli saya buka, lalu saya perhatikan 20 angka dibawah tanda barcode.
  • Misal angkanya: 8962899000709267XXXX
  • Saya ikuti tutorial yang ada di Youtube dan saya gunakan ponsel dengan kartu Tri yang ingin saya upgrade, lalu SMS ke 123 dengan isi sebagai berikut:
  • SIM 8962899000709267XXXX

  • Dalam waktu sekejap ada balasan yang berisi peringatan, kode rahasia (misal: LBHXXXW3) serta permintaan balasan OK.
  • Setelah membalas SMS dengan OK. Ponsel saya matikan, kartu SIM lama saya copot dan diganti dengan kartu SIM Tri baru tadi
  • Setelah dinyalakan, langsung muncul SMS yang memerintahkan untuk membalas SMS tersebut dengan kode rahasia yang telah diberikan sebelumnya.
  • CODE LBHXXXW3
Setelah membalas SMS tersebut, tak lama kemudian muncul SMS yang berisi bahwa kartu Tri lama saya telah diganti dengan kartu Tri baru berjenis 4G LTE, dengan nomor masih menggunakan nomor yang lama. Dan yang terpenting adalah tidak memerlukan proses aktivasi apalagi registrasi kartu yang membutuhkan nomor KTP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar