Translate

Senin, 26 Desember 2016

Kubus Rubik 3x3

Notasi Langkah Kubus Rubiks

F (Front)
Sisi depan
B (Back)
Sisi belakang
L (Left)
Sisi kiri
R (Right)
Sisi kanan
U (Up)
Sisi atas
D (Down)
Sisi bawah

Notasi Huruf menandakan memutar sisi tersebut sebesar 90° searah jarum jam.
Contoh F :

Notasi Huruf yang diikuti tanda kutip (apostrophe) berarti memutar sisi tersebut sebesar 90° berlawanan arah jarum jam.
Contoh F' :

Notasi Huruf yang diikuti angka 2 berarti memutar sisi tersebut 180°.
Contoh F2 :

Penyelesaian Kubus Rubiks

Bagian Awal

Bagian awal misalnya kita pilih sisi berwarna putih (berarti titik tengahnya berwarna putih)

Pola Silang

Rumus yang dapat dipakai untuk membuat pola silang diantaranya adalah :

F2 U' R U F' U' R U

Sudut Bagian Awal

Rumus yang dapat dipakai untuk memasang bagian sudut pada bagian awal ini diantaranya adalah :

F D F' R' D' R R' D2 R D R' D' R

Bagian Tengah

Rumus yang dapat dipakai untuk memasang kubus pada bagian tengah ini diantaranya adalah :

D L D' L' D' F' D F
D' R' D R D F D' F'
Tendang keluar terlebih dahulu kubusnya dengan sembarang kubus dengan menggunakan salah satu rumus di atas.

Bagian Akhir

Menukar pola warna tepi

Balikkan kubus, sehingga warna putih sekarang berada di bawah.

Ada empat kemungkinan pola dari hasil proses sebelumnya:

pola 1 pola 2 pola 3 pola 4
Pola warna sudah benar F U R U' R' F' F R U R' U' F' Gunakan rumus pola 2 atau pola 3 hingga terbentuk pola 2 atau pola 3, lalu gunakan rumus sekali lagi sesuai pola yang terbentuk.

Menukar Sudut

Tujuannya hanya untuk menukar posisi kotak pada bagian sudut, agar sesuai pada tempatnya (arah warna masih acak, namun sesuai dengan warna titik tengahnya).

Menukar sudut berdekatan Menukar sudut diagonal
  • Dua sudut yang ingin ditukar harus berada di kanan depan atas dan kanan belakang atas,
  • lalu gunakan rumus berikut:
  • L U' R' U L' U' R U2
  • Gunakan Rumus di samping sekali dulu,
  • Lalu perhatikan hasilnya
  • Posisikan rubik seperti pada Menukar sudut berdekatan
  • Gunakan rumus di samping sekali lagi.

Memutar sudut

Setelah proses di atas, akan ada 8 kemungkinan pola yang muncul.

pola 1. Sune
Memutar tiga sudut searah jarum jam
R U R' U R U2 R' U2
pola 2. Anti-Sune
Memutar tiga sudut berlawanan arah jarum jam
R' U' R U' R' U2 R U2
pola 3. Car
F (R U R' U') (R U R' U') (R U R' U') F'
pola 4. Blinker
R U2 R2 U' R2 U' R2 U2 R
pola 5. Headlights
R2 D R' U2 R D' R' U2 R'
pola 6. Chameleon
r U R' U' r' F R F'
pola 7. Bowtie
F' r U R' U' r' F R
Catatan:

Notasi huruf r pada pola 6 dan 7 merupakan langkah memutar sisi kanan dan tengah dari rubik. Jadi ada dua kolom yang diputar.

Untuk pola 3 hingga pola 7 dapat diubah menjadi pola 1 atau pola 2 dengan melakukan beberapa hal berikut:

  1. rumus pola 1 dua kali
  2. rumus pola 2 dua kali
  3. rumus pola 1, lalu rumus pola 2
  4. rumus pola 2, lalu rumus pola 1

Menukar Tepi

Ada 5 pola yang didapat dari proses di atas, salah satunya benar dan 4 pola lainnya yang masih salah maka dapat menggunakan rumus di bawah ini :

pola 1 pola 2 pola 3 pola 4
Sisi bagian kiri sudah sama semua warnanya.
R2 U F B' R2 F' B U R2
Sisi bagian kiri sudah sama semua warnanya.
R2 U' F B' R2 F' B U' R2
  • Gunakan rumus pola 1 atau pola 2
  • Periksa pola yang dihasilkan
  • Gunakan rumus sesuai pola yang dihasilkan
  • Gunakan rumus pola 1 atau pola 2
  • Periksa pola yang dihasilkan
  • Gunakan rumus sesuai pola yang dihasilkan

ECONOTES 2016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar