Translate

Jumat, 22 Mei 2015

Floppy to USB Emulator


Saat ini telah lama beredar di pasaran sebuah piranti yang berfungsi sebagai pengganti piranti floppy disk drive, dengan menggunakan USB flash disk sebagai media penyimpannya.
Banyak alasan mengapa beberapa orang menggunakan piranti emulator ini. Salah satu diantaranya adalah mudah rusak-nya disket penyimpan bila dipakai atau pun tak dipakai dalam jangka waktu yang lama.
Kali ini, saya membahas salah satu perangkat emulator floppy ke USB yang beredar di pasaran. Merek dari emulator ini adalah Gotek dengan tipe SFR1M44-TU100K. Emulator ini adalah emulator buatan china yang paling murah bila dibandingkan dengan merek emulator lainnya yang berasal dari daratan eropa.


Penggunaannya cukup mudah, terutama untuk para pengguna sistem operasi Microsoft Windows.
Langkah-langkah penggunaannya sebagai berikut.
  • Siapkan flash disk kosong, dengan kapasitas penyimpanan paling kecil yaitu 2GB (kalau sudah tak ada yang berukuran 2GB, pakai saja ukuran yang lebih besar).
  • Pasang flash disk di komputer.
  • Jalankan program UFloppyManager.exe (atau download di internet bila tidak punya programnya) bawaan dari emulator, untuk membentuk slot- slot floppy pada flash disk. 
  • Pilih tab SFD Enhanced Edition lalu centang opsi Start(select)/Close(unselect) multi floppy service. Pada bagian Format Operation di isian Format Block isi saja dengan nilai 1000, lalu tekan tombol Batch Format. Maka Program ini akan membentuk slot floppy sebanyak 1000 buah mulai dari Floppy0 hingga Floppy999.
 
  • Pada saat program UfloppyManager masih berjalan inilah kita dapat mengisi slot-slot pada flash disk dengan file image atau file lainnya menggunakan aplikasi WinImage yang telah disertakan (atau download di internet). Misal slot pertama yaitu Floppy0 diisi file image bootdisk dari sistem DOS 6.22.
  • Untuk Memindahkan slot, gunakan program UfloppyManager yang masih terbuka untuk memindahkannya dengan cara menekan menu pulldown di bagian Select Floppy Block. Isilah misal pada Floppy1 dengan program Lotus123 atau instalan game-game DOS jadul.
  • Bila telah selesai, tutup aplikasi WinImage dan UfloppyManager dan jangan lupa pula untuk membuang tanda centang pada opsi Start(select)/ Close (unselect) multi floppy service sebelum menutup UfloppyManager.
  • Lepaskan flash disk secara aman dari Windows
  • Matikan komputer.
  • Pasang jumper pada pin nomer 2 pada emulator.
 
  • Pasang emulator Gotek pada komputer dengan menghubungkan konektor floppy drive serta kabel power-nya
  • Tancapkan pula flash disk yang telah kita isi sebelumnya dengan sistem DOS pada emulator.
  • Nyalakan komputer, ubah settingan pada BIOS bila perlu, untuk mengaktifkan alamat dari floppy drive 3.5" 1.44MB
  • Bila berhasil maka pada sistem Windows, kita dapat melihat isi dari drive A: berupa file-file DOS, atau bila urutan booting pertama pada BIOS diubah menjadi Floppy drive, maka komputer akan booting dengan sistem DOS 6.22.

Memang sih, penggunaan emulator ini bersama dengan komputer dengan sistem Windows pada saat ini, dirasa kurang pas. Sebab kebanyakan komputer yang dijual, sekarang sudah tak menggunakan floppy drive. Namun untuk komputer jadul juga terutama mesin-mesin industri tahun 2000-an ke bawah, penggunaan emulator ini lumayan membantu. Sebab bagian floppy drive-nya kebanyakan menjadi error karena usia, sehingga perlu untuk di-retrofit drive-nya.

Khusus untuk mesin-mesin industri yang tidak menggunakan sistem file berbasis Microsoft Windows, lebih baik menggunakan sistem operasi Linux untuk pembuatan slot, serta penulisan dan pembacaan file data mesin dari dan ke dalam slot. Sebab program UfloppyManager hanya dapat mengenali sistem file dengan basis Windows saja, Sehingga pemindahan slot secara satu persatu secara leluasa pada flash disk adalah mustahil alias tidak bisa dilakukan.

Jumper setting (SFR1M44-TU100K SFR1M44-U100K-R)

No. Name Function
7   J5   ---
6.  JA   set to generete READY signal on 34pin of floppy driver interface
5   JC   ---
4   JB   ---
3.  S0   Driver select 0
2   S1   Driver select 1
1.  MO   Motor

Tidak ada komentar:

Posting Komentar