Notasi Langkah Kubus Rubiks
F (Front) Sisi depan | B (Back) Sisi belakang | ||
L (Left) Sisi kiri | R (Right) Sisi kanan | ||
U (Up) Sisi atas | D (Down) Sisi bawah |
Notasi Huruf menandakan memutar sisi tersebut sebesar 90° searah jarum jam.
Contoh F :
Notasi Huruf yang diikuti tanda kutip (apostrophe) berarti memutar sisi tersebut sebesar 90° berlawanan arah jarum jam.
Contoh F' :
Notasi Huruf yang diikuti angka 2 berarti memutar sisi tersebut 180°.
Contoh F2 :
Penyelesaian Kubus Rubiks
Bagian Awal
Bagian awal misalnya kita pilih sisi berwarna putih (berarti titik tengahnya berwarna putih)
Pola Silang
Rumus yang dapat dipakai untuk membuat pola silang diantaranya adalah :
F2 | U' R U | F' U' R U |
Sudut Bagian Awal
Rumus yang dapat dipakai untuk memasang bagian sudut pada bagian awal ini diantaranya adalah :
F D F' | R' D' R | R' D2 R D R' D' R |
Bagian Tengah
Rumus yang dapat dipakai untuk memasang kubus pada bagian tengah ini diantaranya adalah :
D L D' L' D' F' D F | |
D' R' D R D F D' F' | |
Tendang keluar terlebih dahulu kubusnya dengan sembarang kubus dengan menggunakan salah satu rumus di atas. |
Bagian Akhir
Menukar pola warna tepi
Balikkan kubus, sehingga warna putih sekarang berada di bawah.
Ada empat kemungkinan pola dari hasil proses sebelumnya:
pola 1 | pola 2 | pola 3 | pola 4 |
---|---|---|---|
Pola warna sudah benar | F U R U' R' F' | F R U R' U' F' | Gunakan rumus pola 2 atau pola 3 hingga terbentuk pola 2 atau pola 3, lalu gunakan rumus sekali lagi sesuai pola yang terbentuk. |
Menukar Sudut
Tujuannya hanya untuk menukar posisi kotak pada bagian sudut, agar sesuai pada tempatnya (arah warna masih acak, namun sesuai dengan warna titik tengahnya).
Menukar sudut berdekatan | Menukar sudut diagonal |
---|---|
|
|
Memutar sudut
Setelah proses di atas, akan ada 8 kemungkinan pola yang muncul.
pola 1. Sune Memutar tiga sudut searah jarum jam R U R' U R U2 R' U2 | |
pola 2. Anti-Sune Memutar tiga sudut berlawanan arah jarum jam R' U' R U' R' U2 R U2 | |
pola 3. Car F (R U R' U') (R U R' U') (R U R' U') F' | |
pola 4. Blinker R U2 R2 U' R2 U' R2 U2 R | |
pola 5. Headlights R2 D R' U2 R D' R' U2 R' | |
pola 6. Chameleon r U R' U' r' F R F' | |
pola 7. Bowtie F' r U R' U' r' F R |
Notasi huruf r pada pola 6 dan 7 merupakan langkah memutar sisi kanan dan tengah dari rubik. Jadi ada dua kolom yang diputar.
Untuk pola 3 hingga pola 7 dapat diubah menjadi pola 1 atau pola 2 dengan melakukan beberapa hal berikut:
- rumus pola 1 dua kali
- rumus pola 2 dua kali
- rumus pola 1, lalu rumus pola 2
- rumus pola 2, lalu rumus pola 1
Menukar Tepi
Ada 5 pola yang didapat dari proses di atas, salah satunya benar dan 4 pola lainnya yang masih salah maka dapat menggunakan rumus di bawah ini :
pola 1 | pola 2 | pola 3 | pola 4 |
---|---|---|---|
Sisi bagian kiri sudah sama semua warnanya. R2 U F B' R2 F' B U R2 |
Sisi bagian kiri sudah sama semua warnanya. R2 U' F B' R2 F' B U' R2 |
|
|
ECONOTES 2016
Tidak ada komentar:
Posting Komentar